Rabu, 04 Juni 2008

Cara Jitu Hemat Internet

Situasi pasca kenaikan harga BBM justru berujung pada kenaikan berbagai macam harga produk dan jasa mengharuskan kita lebih cermat dan hemat mengatur pengeluaran. Salah satunya dengan memangkas pos - pos pengeluaran tidak terlalu mendesak. Mungkin buat sebagian orang, pengeluaran untuk biaya akses internet termasuk pos pengeluaran yang dimaksud tadi.

Nah, penghematan biaya internet ini tidak hanya bisa dilakukan dengan mengurangi durasi atau frekuensi pemakaian, tapi juga bisa disiasati dengan tehnik - tehnik tertentu. Misalnya bagi pengguna internet yang mengandalkan akses CDMA berazaskan volume based, dengan mengurangi tampilan gambar, atau menonaktifkan fitur multimedia lainnya pada browser yang digunakan

1. Menonaktifkan konten multimedia

Bagi pengguna browser internet Explorer, pilihan penonaktian ada di menu "Tool">Internet Option>klik tab "Advance", lalu cari bagian "Multimedia". Jika sudah, hilangkan tanda cek list di beberapa pilihan seperti "Show image,...", Play Animation...", Play sound..." dan lainnya yang Anda anggap tidak terlalu penting.

Jika Anda pengguna browser Opera, masuk ke menu "Tools">Preferences">pilih tab "Advance". Dengan begitu, tidak akan banyak file yang akan di download pada halaman web. Tapi cara ini tentu sedikit mebuat Anda tidak nyaman. Nah jika Anda memerlukan konten - konten tadi, silahkan diaktifkan kembali.

2.Menonaktifkan download otomatis

Beberapa software atau aplikasi terdapat pilihan download otomatis. Biasanya ini terkait dengan layanan pembaruan (update) yang dibuat oleh pihak pengembang. Contohnya ada di aplikasi antivirus, browser sampai pemutar musik.
Terkadang ketika download otomatis ini aktif tidak disertai dengan pemberitahuan terlebih dulu. Sehingga kita tak sadar ternyata pulsa sudah terpotong banyak. Nah, coba perhatikan lagi aplikasi-aplikasi yang ada di PC Anda.

3.Menggunakan Web Accelerator

Selain dua cara di atas, Anda dapat menggunakan trik yang ke tiga yaitu Google Web Accelerator. Google Web Accelerator di desain khusus untuk mempercepat akses internet Anda. Cara ini dapat menghemat biaya Internet jika Anda menggunakan sistem pentarifan time based.

Agar dapat menggunakan Google Web Accelerator, PC Anda harus bersistem operasi Windows XP atau Windows 2000 atau yang lebih baru dan browser Internet Explorer versi 5.5 ke atas atau Mozila Firefox 1.0. Untuk browser lainnya sebenarnya juga bisa, tetapi anda harus mengkonfigurasi proxy settings dari browser anda dengan menambah pada HTTP.

Setelah anda melakukan instalasi, Google Web Accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser anda dan icon tray di pojok bawah layar komputer. Anda dapat mengunduh Google Web Accelerator di Http://Webaccelerator.google.com

Nah semoga dengan cara-cara ini Anda dapat lebih berhemat

Sumber Tabloid Ponsel
Di tulis oleh D.Iskandar

1 komentar:

Pulsa mengatakan...

Mas..
ada cara jitu yang laennya ngga ?
(update)

Arsip Blog